YARA Kirim Surat Buat Bupati Akmal Minta Dibagikan Lahan Bekas Areal HGU

Selasa, 10 April 2018 | 00.28 WIB

Bagikan:

foto: Safaruddin,SH Ketua YARA saat tinjau lokasi HGU PT Cemerlang Abadi,Abdya

DAILYACEH.COM,Banda Aceh | Safaruddin,SH Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mengirim sebuah surat yang ditujukan untuk Bupati Aceh Barat Daya yang meminta untuk segera dilakukan pembagian lahan bekas HGU PT Cemerlang Abadi kepada masyarakat yang saa ini menjadi lahan yang dikuasai oleh negara.

Dalam surat tersebut yang turut di terima redaksi ( senin 9/4/2018) di jelaskan pihak YARA telah mendapatkan salinan surat pelepasan sebagian areal HGU PT Cemerlang Abadi seluas 2.668.82 hektar yang saat ini lahan tersebut menjadi lahan yang dikuasai oleh Negara.

Menurut Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor  34  Tahun  2003 Tentang Kebijakan Nasional Di Bidang Pertanahan telah mendelegasikan kewenangan dalam Bidang Pertanahan kepada Pemerintah Daerah, dimana dalam penetapan subyek dan obyek redistribusi tanah, serta ganti kerugian tanah menjadi kewenangan dari Pemerintah Daerah, untuk itu kami meminta kepada Bupati Aceh Barat Daya agar membagikan lahan bekas HGU PT Cemerlang Abadi yang telah di lepas seluas 2.668,82 Hekter kepada masyarakat gampong yang berada di sekitar PT Cemerlang Abadi sebagai bentuk keseriusan Pemerintah dalam memperjuangkan hak masyarakat untuk mendapatkan lahan.

Kami akan mengawal pembagian lahan tersebut kepada masyarakat sampai proses pembagian sertifikat atas nama masing-masing masyarakat penerima lahan tersebut. Kami telah berkomunikasi dengan Kanwil BPN Aceh terhadap lahan tersebut untuk di buatkan sertifikat gratis dalam pembagian lahan bekas HGU tersebut,ungkap Safaruddin.

 Safaruddin juga menjelaskan, pihak BPN Kanwil Aceh telah sepakat untuk membuat sertifikat gratis kepada masyarakat, tetapi penetapan nama penerima lahan sesuai dengan Keppres 34 tahun 2003, harus di tetapkan oleh Bupati, jika nama penerima lahan sudah di tetapkan oleh Bupati maka BPN Kanwil Aceh telah siap untuk melakukan sertifikasi atas lahan tersebut.

Oleh karena itu, kami minta kepada Bupati agar segera menetapkan nama-nama masyarakat penerima lahan bekas HGU PT Cemerlang Abadi seluas 2.668.82 Hektar. Kami menunggu jawaban Bupati paling lama dua minggu setelah surat kami ini,tutur Safaruddin.

Salinan surat dari YARA ini  juga turut dikirim ke Presiden RI, Menteri ATR/BPN, KPK RI, Gubernur Aceh, DPR Aceh, Kejaksaan Tinggi Aceh, Kapolda Aceh dan DPRK Aceh Barat Daya.[ Ad]

Bagikan:
KOMENTAR