Anak Aceh Di Sumbawa Ikut Meugang Sambut Ramadhan 1439 H

Kamis, 17 Mei 2018 | 09.09 WIB

Bagikan:
Foto : Mahasiswa Aceh di Sumbawa laksanakan megang

DAILYACEH.COM,Sumbawa | Memasuki setiap bulan suci ramadhan bagi orang Aceh mempunyai sebuah tradisi yang tidak bisa di tinggalkan yaitu meugang dan makan bersama dengan keluarga tercinta.

Hal itu sangat terasa jika kita berada di gampong-gampong, meugang tersebut menyantap daging baik kerbau maupun sapi/lembu karena menurut orang Aceh, meugang merupakan sebuah hal yang harus ada dilaksanakan setiap datangnya bulan yang penuh berkah. 

Tradisi tersebut terus di pertahankan oleh masyarakat Aceh baik yang ada di Aceh maupun diluar Aceh dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan karena tanpa meugang, berpuasa tersebut bagaikan kopi tanpa gula. 

Muhajir salah satu mahasiswa Aceh yang menetap dan melanjutkan pendidikan di tanah Rinjani ,Sumbawa dalam rilisnya yang dikirim ke media DAILYACEH.COM (17/5) menjelaskan tradisi meugang tetap dilaksanakan untuk merawat
dan menjaga tradisi leluhur nya dengan mengadakan  makan bersama.

Menurut Muhajir, Tradisi meugang adalah hari kebersamaan dengan keluarga dekat juga bersukaria bersama orang tua, istri, anak, dan tetangga dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang lazim dilaksanakan pada H -1 dan -2 sebelum melaksanakan puasa Ramadhan.

" Uroe meugang juga senantiasa dilakukan oleh masyarakat Aceh tatkala menyambut Hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha," kata Muhajir. 

Dan untuk merajut sesama, kami sebagai anak Aceh yang sedang melanjut pendidikan di Sumbawa,  meugang tetap dilaksanakan dengan makan bersama seala kadar sebagai ajang silaturahmi sesama mahasiswa dan masyarakat Aceh di Sumbawa semoga dengan silahturahmi ini tetap terjaga dan awet walaupun sedang berada di daerah orang ' pungkas Muhajir masyarakat Aceh asal matang anoe, Aceh Utara di Sumbawa.[]
Bagikan:
KOMENTAR