Kelebihan 10 Hari Pertama Bulan Ramadhan Yang Perlu Di Ketahui

Kamis, 17 Mei 2018 | 12.41 WIB

Bagikan:

DAILYACEH.COM | Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah yang melimpah untuk umat Islam di seluruh penjuru dunia. Pada bulan ini akan diberikan limpahan rahmat, magfiroh serta ampunan bagi umat Islam. RosulAllah bersabda bahwa awal dari bulan Ramadhan adalah Rahmah, pertengahannya Maghfiroh dan akhirnya adalah itqun minan nar (pembebasan dari api neraka).

Selain itu salah satu keistimewaan bulan Ramadhan adalah pada bulan ini terdapat suatu malam yang lebih mulia dari pada mala seribu malam yaitu malam Laillatul Qodar. Meski begitum setiap malam di bulan Ramadhan juga memiliki keutamaan yang penuh dengan rahmat serta ridho Allah SWT.
Pada 10 hari pertama di bulan Ramadhan, Allah SWT akan memberikan rahmat dan limpahan pahaa dari berbagai amalan yang umatnya lakukan selama berpuasa. Fase 10 hari pertama di bulan Ramadhan memang merupakan fase yang terberat karena pada fase ini merupakan masa peralihan dari pola makan yang normal menjadi harus menahan lapar dan haus dari Imsak hingga maghrib.
Selain itu tidak hanya tubuh saja yang beradaptasi, pikiranpun juga beradaptasi untuk penyesuaian dengan kesabaran serta penuh dengan rasa ikhlas. Oleh sebab itu, 10 hari pertama bulan Ramadhan ini Allah SWT telah memberikan keistimewaan dengan membukakan pintu rahmat yang sebesar-besarnya.
Sebagian besar ulama membagi bulan Ramadhan dengan tiga fase yaitu 10 hari pertama di bulan Ramadhan, kedua dan yang ketiga. Pada sepuluh hari pertama akan dibuka pintu rahmat yang sebesar-besarnya. Sepuluh hari yang kedua atau pertengahan dinamakan magfirah yaitu ampunan-Nya dari segala dosa yang telah diperbuat. 10 hari yang ketiga dinamakan pembebasan dari api neraka.[]
Bagikan:
KOMENTAR