Babinsa Koramil Panga Bantu Bajak Sawah Petani

Kamis, 28 Juni 2018 | 11.39 WIB

Bagikan:
Foto : Babinsa Koramil Panga Bantu Bajak Sawah Petani (28/6)

DAILYACEH.COM,Calang | Personil Babinsa merupakan ujung tombak TNI AD dalam mendukung pemerintah untuk mencapai swasembada pangan nasional. Berbagai cara telah dilakukan oleh Babinsa untuk membantu para petani di desa binaannya agar memperoleh hasil yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Kodim 0114/Aceh Jaya merupakan salah satu satuan teritorial TNI AD. Ratusan prajurit Kodim 0114/Aceh Jaya ditugaskan sebagai Babinsa dan disebar di seluruh desa dalam wilayah tugas Kodim 0114/Aceh Jaya. Para Babinsa ini setiap harinya bertugas membantu masyarakat binaanya.

Sertu Vien Sitepu merupakan Babinsa Koramil 05/Panga Kodim 0114/Aceh Jaya. Sertu Vien merupakan salah satu Babinsa yang selalu turun ke lahan persawahan warga untuk memberikan pendampingan kepada petani. 

Salah satu pendampingan yang diberikan oleh Sertu Vien Sitepu adalah ketika membantu warga binaannya Darmawan membajak sawah seluas 1,5 hektar di Desa Gampong Harapan, Kecamatan Panga, Kamis ( 28/6/2018 ). Darmawan merupakan anggota Kelompok Tani ( Poktan ) Ade Brata berencana akan menanam padi pada hari Senin depan. 

Menggunakan alat mesin pertanian ( Alsintan ) Sertu Vien Sitepu dan Darmawan  membajak lahan sawah yang sudah digenangi air itu. Mereka bergantian mengendalikan mesin menyusuri setiap sudut lahan sawah.

" Hari ini kita membajak sawah di lahan Pak Darmawan, rencananya senin depan akan ditanam, kita upayakan agar cepat selesai dan jadwal tanam tepat waktu " kata Sertu Vien Sitepu.

Sebenarya pendampingan bukan hanya bagi petani padi, warga yang menanam jagung, cabai, kacang dan lain - lain tidak luput dari pantauan Babinsa. Meski jadwal yang begitu padat Babinsa selalu berupaya mengatur waktu mereka.

Bagi seorang Babinsa selain untuk memberikan pendampingan, kegiatan ini juga dijadikan media silaturahmi dengan warga. Babinsa dan warga akan saling bertukar pikiran, berbagai persoalan warga akan disampaikan kepada Babinsa,cetus Sertu Vien Sitepu.[]
Bagikan:
KOMENTAR