Diduga Anggota Panwascam Aceh Jaya Dabel Kontrak

Minggu, 10 Juni 2018 | 23.25 WIB

Bagikan:
Foto : Sekretariat Panwaslu Kabupaten Aceh Jaya

DAILYACEH.COM,Calang | Dalam perekrutan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Aceh Jaya diduga mempunyai banyak permasalahan salah satunya di temukan anggota Panwascam yang  yang sudah dilantik oleh Paswaslu setempat diduga terlibat dalam kepengurusan Partai Politik (Parpol).

Selain itu,baru-baru ini juga berdasarkan penelusuran wartawan ( minggu 10/6/2018) juga ditemukan adanya salah satu anggota Panwascam yang mendapatkan SK baru dikeluarkan oleh Pemerintah Aceh Jaya pada salah satu intansi/ dinas terkait.

Maka bila merujuk pada peraturan dalam Pasal 117 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 huruf M disebutkan bahwa syarat untuk menjadi anggota Panwascam yakni bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan. Sehingga dalam penjelasan tersebut disebutkan bahwa yang dimaksud dengan ‘Bekerja Penuh Waktu’ adalah tidak bekerja pada profesi lainnya selama masa keanggotaan.

Untuk memastikan apakah membolehkan tenaga kontrak menjadi Panwaslu/Panwascam mencoba menghubungi Nurhayati Ketua Panwaslu Aceh Jaya melalui sambungan seluler terkait adanya salah satu anggota Panwascam yang bekerja di tempat lain yang bukan hanya di Panwascam itu sendiri.

Nurhayati menjelaskan berdasarkan peraturan dalam pasal 117 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 sudah dijelaskan bahwa syarat untuk menjadi anggota Panwascam yakni bersedia bekerja penuh waktu yang dibuktikan dengan surat pernyataan. Maka dalam penjelasan tersebut disebutkan bahwa yang dimaksud dengan ‘Bekerja Penuh Waktu’ adalah tidak bekerja pada profesi lainnya selama masa keanggotaan.

“ Menjadi anggota Panwascam itu harus bersedia bekerja penuh waktu dan tidak bekerja pada profesi lainnya selama masa keanggotaan dan jika ada bekerja di tempat lain hal itu jelas-jelas menyalahi peraturan, jelas Nurhayati.

Dan jika data ini benar, pihaknya akan segera memprosesnya dan akan mengklarifikasinya jika ditemukan adanya pihak Panwascam yang merangkap jabatan dengan bekerja di tempat lain dan harus memilih diantara dua,apakah pilih Panwascam atau kontrak di tempat lain.Insyaallah selesai lebaran akan segera kita memprosesnya,tutup Nurhayati. []
Bagikan:
KOMENTAR