BPS Aceh Utara Adakan Pelatihan Petugas Survey Wisatawan Nusantara

Rabu, 04 Juli 2018 | 15.14 WIB

Bagikan:
Foto : BPS Aceh Utara Adakan Pelatihan Petugas Survey Wisatawan Nusantara(4/7)

DAILYACEH.COM,Aceh Utara | BPS Kabupaten Aceh Utara pagi ini (4/7/2018) menyelenggarakan Pelatihan petugas survey Wisnus Tahun 2018 yang di adakan sehari penuh di hotel Lido Graha Kota Lhokseumawe. 

Kasie distribusi BPS Aceh Utara yaitu bapak Nasrullah,SE selaku penanggung jawab kegiatan ini yang berhasil dihubungi oleh jurnalis mengatakan kegiatan Wisnus tahun ini merupakan kelanjutan dari  kegiatan wisnus tahun sebelumnya,adapun peserta pelatihan diikuti oleh staf/KSK BPS Aceh Utara dan mitra statistik, 
jelasnya. 

Acara pelatihan ini dibuka oleh Kepala BPS Kabupaten Aceh Utara yaitu bu Nursaidah,SE. 

Dan dalam sambutanya, Nursaidah menyampaikan bahwa Kajian Data Pasar Wisatawan Nusantara 2018 merupakan kegiatan kerjasama antara BPS dan Kementerian Pariwisata. 

Maka tujuan dari kegiatan ini adalah mengumpulkan data mengenai karakteristik wisatawan nusantara (Wisnus) atau penduduk Indonesia yang melakukan perjalanan di wilayah Indonesia,ungkap Nursaidah. 

Nursaidah juga menjelaskan, sebelumnya pendataan Wisnus dicakup dalam Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Kor, namun sejak tahun 2016 Kementerian Pariwisata dan BPS melakukan kerjasama untuk melakukan pendataan ekslusif tentang profil Wisnus dan jumlah penduduk Indonesia yang melakukan perjalanan. 

Beliau menambahkan, Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada petugas lapangan terkait tujuan kegiatan dan konsep-konsep yang digunakan agar data yang dihasilkan dapat mencerminkan potret wisatawan nusantara. Pelatihan ini akan dipandu oleh instruktur daerah yaitu Indri Nindya Putri, SST, yang merupakan staf bidang distribusi BPS Aceh Utara. 

Terakhir Nursaidah berharap kepada peserta pelatihan untuk mengikutinya dengan serius sehingga materi-materi atau konsep-konsep yang disampaikan oleh intruktur nanti bisa terserap dengan maksimal, ujar Nursaidah. []
Bagikan:
KOMENTAR