Dari Aceh, Ustadz Irhamullah Di Undang Ke Turki Presentasi Metode Hafal Alqur'an

Jumat, 21 September 2018 | 20.36 WIB

Bagikan:
Foto : Direktur LT3Q Elmasudy Aceh, Ustadz Irhamullah MA di Turki

DAILYACEH.COM,Angkara | Direktur LT3Q Elmasudy Aceh, Ustadz Irhamullah MA mendapat undangan presentasi metode Menghafal Alquran di Fatih Sultan Mehmet Vakif √ľniversitesi di Istanbul, Turki, Jumat 21/09/2018.

Acara ini diselenggarakan oleh Ikatan Masyarakat Aceh-Turki (IKAMAT) bekerjasama dengan Pusat Pengkajian Melayu-Ottoman (OSMAD) Universitas Wakaf Sultan Muhammad AlFatih. 

Ketua IKAMAT, Darlis Azis dalam kata sambutannya menyampaikan pentingnya Program Menghafal Alquran diTurki, sebagaimana pada masa dulu para ulama pada masa Turki ustmani dan kesultanan Aceh Darussalam juga saling bekerjasama dalam berbagai hal, khususnya pendidikan Agama.

Oleh karenanya, kenapa tidak saat ini kita menyambung kembali hubungan muhibbah tersebut minimal kita mulai dengan pendidikan Alquran. Sudah saatnya kita sebagai generasi muda mengubah arah pendidikan agama ke negara-negara bekas peradaban Islam seperti Turki bukan malah ke negara-negara barat.

Direktur LT3Q ELMAS’UDY, Ustadz Irhamullah MA menyampaikan kunjungan ke Turki iini adalah undangan kedua setelah sebelumnya telah mempresentasikan metode Elmasudy di KBRI Bangkok,Thailand 2017 yang lalu. 

Dalam presentasinya beliau mengatakan, Metode Elmas’udy ini merupakan metode menghafal alquran yang menerapkan sistem CBUSA (Cara Belajar Ustadz dan Santri Aktif). Dimana dalam proses pelaksanaannya Peran Ustadz sangat penting didalam menentukan keberhasilan Santri. Metode ini melalui 4 Tahapan yang disingkat menjadi 4T (Talqin,Tasmi’,Tahfizh,Takrir). 

Dalam metode ini seluruh santri diwajibkan menghafal dengan Nomor ayat, halaman, letak dan artinya. Dengan Metode ini diharapkan nantinya Santri dapat Menghafal alquran dengan mutqin dan mengetahui letaknya serta menguasai arti dan tafsirnya. 

Pada kesempatan ini juga, telah dibentuk Pengurus LT3Q ELMAS’UDY Perwakilan Turki yang diketuai oleh Ustadz Muhammad Haykal, BA yang juga ketua IKAMAT Istanbul.

Ekspasi jaringan El-Mas'udy ke Istabul ini bukan tanpa alasan mengingat dulu para ulama-ulama Turki yang telah berdakwah ke Aceh seperti Syaikh Ahmat Qastury, Baba Dawud Rumi dll. Maka sudah saatnya juga hari ini kita yang berdakwah ke negeri bekas Utsmany ini

*{Najmi}*
Bagikan:
KOMENTAR