Gakkumdu Terbentuk, Panwaslih Siap Awasi Pemilu Di Aceh Jaya Tahun 2019

Selasa, 18 September 2018 | 13.58 WIB

Bagikan:
Foto : Gakkumdu Aceh Jaya

DAILYACEH.COM,Calang | Panitia Pengawas Pemilihan ( Panwaslih ) Kabupaten Aceh Jaya membentuk Sentra Gakkumdu ( Penegak Hukum Terpadu ) untuk mengawasi hingga menindak pelanggaran-pelanggaran dalam Pemilu( Pemilihan Umum ) baik Pilpres maupun Pileg di Aceh Jaya tahun 2019,kegiatn tersebut berlangsung di kantor Panwaslih setempat, selasa 18/9/2018.

Ketua Panwaslih kabupaten Aceh Jaya, Kamaruzzaman ke media ini megatakan pihaknya bersama kepolisian dan kejaksaan telah resmi membentuk Gakkumdu untuk mengawasi tindakan pidana Pemilu, sehingga kedepan bisa optimal dalam proses upaya penegakan hukum khususnya dalam masalah pidana Pemilu di Aceh Jaya.

Jadi, pembentukkan Gakkumdu ini diresmikan oleh pihaknya selaku pihak pengawas penyelenggara Pemilu di Aceh Jaya agar tindak pidana pemilu yang terjadi dalam peneyelenggara Pemilihan yang tidak bisa dijangkau oleh pihak Panwaslih sebagai pengawas pemilihan bisa berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan kejaksaan sehingga bisa terrealisasi. Dan tindak pidana pemilu tersebut bisa diproses dengan adanya kerjasama antar pihak kepolisian dan kejaksaan dalam forum Gakkumdu secara bersama-sama.

“ ini dilakukan untuk mengoptimalkan dalam upaya proses penegakan hukum khususnya masalah pidana Pemilu,” kata kamaruzzaman.

Dan kedepan pihaknya juga akan membuat seperti hotline yang bisa dihubungi ke Panwaslih baik media facebook, whatsaap, tweeter dan sebagainya untuk mempermudah masyarakat dalam menyampaikan bila ada pelanggaran-pelanggaran tindakan pidana pemilu di desa-desa agar bisa diproses oleh pihak Gakkumdu.

Dan berharap dengan terbentuknya Gakkumdu ini agar kedepan bila ditemukan adanya pelanggaran-pelanggaran tindakan pidana Pemilu di lapangan supaya masyarakat dapat melaporkan pada petugas Gakkumdu supaya cepat diproses dengan bersama-sama, terang Kamaruzzaman.

Sementara T.Irfan TB Bupati Aceh Jaya dalam amanahnya yang dibacakan oleh Mawardi,SP.M.Si menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah sangat menyambut baik atas terbentuknya Gakpimdu ini di Aceh Jaya sehingga penyelesaian sengketa maupun penyelesaian pidana Pemilu bisa berjalan dengan baik sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Oleh karenanya, Pemerintah Daerah Aceh Jaya mengharapkan kepada pihak yang tergabung dalam Gakkumdu dan terutama ke Panwaslih Aceh Jaya agar dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin dan netral serta terlepas dari kepentingan politik manapun agar Pemilu di Aceh Jaya baik Pilpres dan Pilleg bisa berjalan dengan semestinya.

“ Kita minta pada pihak Gakkumdu khususnya Panwaslih Aceh Jaya agar dapat melaksanakan tugasnya dengan sebaik mungkin dan netral serta terlepas dari kepentingan politik manapun,” harap Bupati Aceh Jaya yang dibacakan oleh Asisten II Sekdakab Aceh Jaya.

Peresmian Gakkumdu turut dihadiri oleh Pemda, perwakilan Polres, Perwakilan Kodim, Kesbangpol, Kejaksaan, Satpol PP/WH, KIP dan perwwakilan PWI Aceh Jaya.[]
Bagikan:
KOMENTAR