Politeknik Lhokseumawe Wisuda 1.120 Lulusan, 183 Berstatus Pujian

Kamis, 20 September 2018 | 20.28 WIB

Bagikan:
Foto : Politeknik Lhokseumawe Wisuda 1.120 Lulusan

DAILYACEH.COM,Lhokseumawe |  Direktur Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) Ir. Nahar, MT kembali mewisuda lulusan dari berbagai Program Studi (Prodi) Angkatan XXIX tahun 2018 yang bertempat di Gedung Auditorium PNL, Kamis (20/09). Wisuda kali ini, terdapat 183 mahasiswa yang lulus dengan status pujian atau cum laude.

Dalam pidatonya Ir. Nahar, MT menyebutkan, jumlah lulusan yang diwisuda periode ini mencapai 1.120 orang, terdiri dari Program Sarjana Terapan (D4) sebanyak 499 lulusan, Program Diploma III sebanyak 550 lulusan dan selebihnya lulusan dari Program Diploma II dan Program Diploma I dari PDD Aceh Utara dan PDD Langsa.

“Alhamdulillah, periode ini lulusan dengan kategori Pujian atau Cumlaude mencapai 183 orang, ini merupakan salah satu wujud dan bentuk tanggungjawab PNL dalam rangka mencerdaskan kehidupan berbangsa, khususnya dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan dan teknologi” tutur Ir. Nahar.

Lebih lanjut, Ir. Nahar, MT mengatakan, dalam usianya yang ke-31 tahun, PNL telah melantik sebanyak 17.828 lulusan, yang saat ini telah mengisi posisi profesional diberbagai perusahaan dan industri skala nasional, multi nasional dan internasional. 

Selain itu, terdapat juga alumni PNL yang telah bekerja pada instansi-instansi pemerintah maupun swasta, serta menjadi pengusaha-pengusaha sukses dan ternama baik di Propinsi Aceh maupun Indonesia.

“Wisuda merupakan momentum yang sangat bermakna bagi keluarga wisudawan. Momentum itu harus diartikan sebagai saat berakhirnya tugas dan tanggung jawab PNL dalam mengantarkan secara formal mahasiswa menjadi lulusan sebagai insan yang berilmu dan berakhlak mulia sesuai dengan moto PNL yaitu “Eleumee Beulee Adab Beuna” ungkapnya.

Ditambahkan, untuk menyongsong masa depan yang cerah, para wisudawan juga telah dibekali pengetahuan dan keterampilan yang memadai. Dengan demikian, pihaknya yakin bahwa wisudawan/ti dapat memanfaatkan dan menciptakan kesempatan sehingga mampu berkompetisi secara sehat dan sportif.

“Dengan bekal itu pula saudara memiliki kemampuan yang handal tidak hanya menjadi para pencari kerja (job seeker) tetapi juga menjadi pencipta lapangan kerja (job creator).

Diakhir pidatonya Ir. Nahar, MT menegaskan bahwa, wisudawan/ti merupakan duta dari kampus PNL.

“Oleh karena itu, kami titipkan nama besar kampus tercinta ini di pundak saudara-saudara sekalian. Citra lembaga di mata masyarakat ada terbawa pada diri saudara sekalian. Jagalah nama baik almamater tercinta ini. 

Almamater selalu menanti anda, raihlah kesuksesan, gapailah impian, saudara harus terus berusaha dan berdoa, saudara harus memiliki tekad yang kuat dan diiringi dengan niat yang baik. Maka percayalah impian dan cita-cita saudara sekalian akan tercapai.

Diakhir piadatonya di hadapan para wisudawan yang turut didampingi keluarga, Ir Nahar mengutip kalimat seorang penulis dan produser televisi sekaligus komedian asal Amerika Serikat, Bill Cosby dan motivator sekaligus penulis Tony Gaskin.

“Dalam meraih kesuksesan, kemauan anda untuk sukses harus lebih besar dari ketakutan anda akan kegagalan” tutur Ir Nahar mengutip Bill Cosby.

Selanjutnya, ia juga mengutip Tony Gaskin yang menyatakan “Jika anda tak membangun impian anda, maka seseorang akan memperkerjakan anda untuk membantu membangun impian mereka”.

“Harapan kami, semoga saudara akan menjadi aset kebanggaan untuk bangsa yang kita cintai ini” demikian bunyi penutup pidato Direktur PNL Ir. Nahar, MT. []
Bagikan:
KOMENTAR