25 Pemuda Aceh Jaya Ikut Bimtek Hilirisasi Minyak Nilam

Jumat, 26 Oktober 2018 | 21.45 WIB

Bagikan:

Foto : Peserta Bimtek Hilirisasi minyak Nilam foto bersama dengan Bupati Aceh Jaya (26/10)

DAILYACEH.COM,Calang | Dalam rangka penerapan hasil Litbang Industri Bagi Industri Kecil Menengah (IKM) Minyak Atsiri (minyak nilam), Kementerian Perindustrian menyelenggarakan Bimbingan Teknis Hilirisasi Minyak Nilam di Kabupaten Aceh Jaya.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 25 orang peserta dari industri nilam di dalam Kabupaten Aceh Jaya yang berlangsung di Hotel Pantai Barat, Calang sejak 22-26 Oktober 2018 yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Disperindag Aceh Jaya.

Dra Salbiah,MM Kabid Industri Disperindag Aceh Jaya ke media ini ( 26/10/2018) mengatakan didalam pelatihan tersebut sangat banyak  dilatih seperti turunan nilam ke farfun,pembuatan pewangi ruangan,pembuatan sabun cair,sabun batang, pelatihan pengolahan sampah nilam dan banyak yang lainnya.

“ Yang dilatih ini merupakan orang-orang terpilih yang mau berusaha mengembangkan turunan minyak nilam menjadi sebuah industri kedepan,’kata Dra Salbiah.

Dan berharap pada semua peserta yang telah mengikuti Bimtek ini agar ilmu yang di dapatkan bisa terus dikembangkan melalui home industri karena secara ekonomis bisa meningkat pendapatan keluarga dan sebuah usaha yang mempunyai nilai tinggi karena saat ini turunan minyak nilam sangat diminati terutama di bidang komestik,farfum,sabun dan lainya.

“ Jika nanti ada yang sudah berhasil,kami pihak Disperindag berjanji akan memberikan berbagai dukungan kepada usaha tersebut baik izin,kemasan hingga pemasaran, janji Dra Salbiah.

Sementara Nazar selaku manjer KINA Aceh  Jaya yang juga salah satu peserta yang mengikuti Bimtek tersebut mengungkapkan dirinya sangat menyambut baik atas kegiatan pelatihan yang dilakukan oleh pihak Kementerian Perdagangan dan Disperindag Aceh Jaya tentang pengolahan minyak nilam menjadi sebuah usaha yang mempunyai nilai tinggi.

Dimana pada pelatihan tersebut katanya, selama pelatihan para peserta sangat banyak mendapatkan pengetahuan yang berharga terutama dalam pengolahan turunan nilam menjadi sebuah produk yang mempunyai nilai tinggi untuk dikembangkan baik usaha rumah tangga maupun sebuah usaha industri untuk di pasarkan.

“ Kami sangat banyak mendapatkan ilmu didalam Bimtek terutama di dalam pengolahan minyak nilam menjadi sebuah usaha industri yang mempunyai nilai tinggi untuk dikembangkan dimasa yang akan datang,” ungkap Nazar.

Bagikan:
KOMENTAR