Banjir Aceh Jaya, Ratusan Hektar Lahan Pertanian Terendam

Jumat, 19 Oktober 2018 | 12.17 WIB

Bagikan:

Foto : Lahan jagung yang terkena banjir di Aceh Jaya

DAILYACEH.COM,Calang | Banjir besar yang melanda Kabupaten Aceh Jaya dalam beberapa hari ini telah menyebabkan ratusan hektar lahan pertanian yang tersebar di sejumlah Kacamatan terendam banjir.

T. Mufizar Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Jaya ke DAILYACEH.COM ( jum’at 19/10/2018) mengatakan atas bencana banjir ini pihaknya telah memerintahkan tim dilapangan untuk mendata keseluruhan lahan pertanian yang terkena banjir di berbagai kelompok di seluruh kecamatan.

Ia menyebutkan dari data sementara yang diterima, lahan pertanian yang paling parah terkena banjir besar tersebut tersebar di Kecamatan Teunom, Pasie Raya, Krueng Sabee dan Sampoinet yang berjenis tanaman padi ( 80 Hektar ), jagung ( 520 Hektar), cabe merah( 24 Hektar) dan kacang tanah( 10,5 Hektar ).

“ Data ini belum semua di terima dari petugas dan menteri tani dari lapangan, kemungkinan data lahan yang terendam akan bertambah lagi karena banyak daerah yang belum bisa didatangi oleh petugas,” kata T. Mufizar.

Maka atas musibah bencana ini,kata T. Mufizar semua data areal tanaman yang terkena banjir akan segera kita laporkan ke pihak yang diatas seperti ke Bupati, BPBK, Provinsi dan dilanjutkan ke pusat. Dan berharap dengan adanya laporan ini yang kita sampaikan, pihak yang diatas bisa membantu terhadap kerugian yang dialami masyarakat.

Dan ia mengungkapkan atas musibah ini, dirinya akan berusaha agar para petani yang terkena musibah mendapat bantuan setidaknya bibit dari pihak yang di atas karena saat ini di Dinas Pertanian Aceh Jaya tidak ada pengadaan bibit sehingga pada pihak terkait agar bisa membantu kepada para petani yang terkena musibah.

“ Saat ini pihak dinas pertanian terus melakukan pendataan areal pertanian yang terkena bencana banjir dan melaporkan ke pihak yang diatas,” ungkap T.Mufizar.[]

Bagikan:
KOMENTAR