Irfan Kecewa Terhadap Kinerja PKH Aceh Jaya

Jumat, 12 Oktober 2018 | 13.50 WIB

Bagikan:

foto: Istimewa

DAILYACEH.COM,Calang | Pelayanan yang diberikan oleh pihak Program Keluarga Harapan (PKH) Kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya mendapat sorotan dari masyarakat dan sejumlah kepala desa, salah satunya diutarakan oleh Irfan Kepala Desa Ladang Baro Kecamatan Panga.

Irfan ke media ini ( 12/10/2018) mengatakan, dirinya sangat kecewa terhadap kinerja pihak koordinator PKH yang bertugas di Kecamatan Panga , dimana selama ini pihak dari koordinator tersebut tidak pernah melakukan koordinasi dengan pihaknya terutama bidang pendataan masyarakat penerima mamfaat melalui PKH yang ada di desanya, malah di saat ada warga mempertanyakan namanya ada termasuk di dalam data PKH, koordianator tersebut malah silahkan mempertanyakan pada pihak Desa.

“ Saya kecewa pada pihak pihak Koordinator PKH Kecamatan Panga terhadap kegiatan mereka di desa kami, kok waktu ada masyarakat pertanyakan malah disuruh tanya pada kepala desa, padahal pihak desa tidak mengetahuinya,” kata Irfan.

Foto : Irfan Kades Ladang Baro, Kecamatan Panga, Aceh Jaya

Menurutnya kekecewaan tersebut disampaikan, bukan kali ini saja tapi sudah dua kali semenjak ia menjabat sebagai kepala desa ada warga yang mempertanyakannya, selama ini pihak koordinator PKH di Kecamatan Panga belum pernah meminta data warga miskin darinya untuk dimasukkan ke dalam data PKH, sehingga kok disaat ada warga yang komplin malah mempersalahkan pihak desa.

Oleh karena, kami selaku pimpinan desa meminta pada pihak petugas PKH disaat melakukan pendataan agar bisa melakukan koordinasi dengan pihak desa, apalagi disaat ada pertemuan di desa supaya disampaikan. Dan jangan melakukan pertemuan disembarang tempat karena di desa sudah ada kantor desa untuk dilakukan pertemuan, selain itu meminta pada pihak PKH agar nama peserta masyarakat miskin yang menerima mamfaat bisa memberikan datanya kepihak desa supaya jika ada terjadi permasalahan dan perubahan bisa diketahuinya, ungkap Irfan.

Sementara, Teuku Ramadani Kepala Bidang Sosial Dinas Sosial Kabupaten Aceh Jaya saat dihubungi mengatakan, mengenai sumber data dan jumlah penerima PKH itu berasal dari data BPS yang diterima dari Kementerian Sosial sehingga dari data tersebutlah diturunkan ke tingkat kabupaten selanjut melakukan verifikasi bersama untuk dimasukkan ke dalam data penerima PKH yang didalam sudah termasuk beberapa kategori seperti ibu hamil, balita dan anak yang masih sekolah terutama masyarakat miskin di desa tersebut.

“ Data penerima PKH ini dari pusat dan bukan dari pihak pendamping dan bukan dari data kepala desa setempat akan tetapi diambil dari data BPS melalui data Kementerian Sosial di Pusat, jelas Teuku Ramadani.

Dan Ramadani juga membenarkan untuk saat ini di Aceh Jaya masih banyak data yang bermasalah sehingga perlu pengakhiran data melalui pihak desa dengan melakukan musyawarah desa untuk dimasukkan kembali ke dalam data penerima mamfaat.

Maka atas permasalahan yang disampaikan oleh salah satu Kepala Desa di Kecamatan Panga, dirinya akan memanggil koordinator PKH untuk mengetahuinya dimana permasalahan sehingga pihak Kepala Desa mempermasalahkan terhadap data tersebut.

“ kami akan panggil pendamping tersebut terhadap ikhwal yang disampaikan oleh Kepala Desa mengenai permasalahan data peserta PKH di Desa Ladang Baro kecamatan Panga,” cetus Teuku Ramadani.[]

Bagikan:
KOMENTAR