Kemenkeu Cairkan Dana Siap Pakai Rp 560 M Untuk Palu-Donggala

Selasa, 02 Oktober 2018 | 15.09 WIB

Bagikan:
Foto: Sri Mulyani Indrawati menteri keuangan RI

DAILYACEH.COM,Jakarta | Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa Kemenkeu akan menambahkan anggaran atau dana siap pakai untuk menangani masa kedaruratan sebesar Rp560 miliar di Kota Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah.

“Rata-rata kerugian per tahun dari bencana alam mencapai Rp22 triliun, belum termasuk kerugian jiwa. Kementerian Keuangan terus menjaga agar kemampuan fiskal dapat dijaga untuk menangani kebutuhan penanganan bencana dari pencegahan, penanganan kedaruratan hingga rehabilitasi dan rekonstruksi (pembangunan kembali) daerah Terdampak bencana," jelas Menkeu dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (2/10/2018).

Menurutnya, manajemen bencana dan pengembangan instrumen pembiayaan sebelum dan pasca bencana perlu terus dikembangkan dan disempurnakan. Saat ini Kemenkeu tengah merumuskan perbaikan sistem dan instrumen pembiayaan, agar pemerintah dapat secara efektif membantu daerah terkena bencana secara cepat.

"Kami juga memasukkan inisiatif melakukan asuransi gedung pemerintahan sebagai pilot percobaan di lingkungan Kementerian Keuangan mulai 2019, yang diharapkan akan dapat diperluas untuk keseluruhan Barang Milik Negara," ungkapnya.

Sri Mulyani juga menyebut dana tersebut harus untuk mempercepat evakuasi dan penyelamatan korban terdampak gempa dan tsunami di Sulteng.

Terakhir, ia menegaskan komitmennya untuk mendukung perkuatan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar dapat memiliki kapasitas yang kuat dalam mengelola penanganan bencana, termasuk peran TNI dan Polri dalam melakukan operasi kemanusiaan penanganan bencana.

"Segala kapasitas penanganan bencana di semua Kementerian/Lembaga akan dioptimalkan sehingga masyarakat yang terkena bencana akan segera tertangani dengan baik," tegasnya. (rel/ KBRN )
Bagikan:
KOMENTAR