Wabup Abdya, Pogram Inovasi Desa Perlu Keterlibatan Semua Pihak

Sabtu, 06 Oktober 2018 | 19.38 WIB

Bagikan:
Foto : Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD)

DAILYACEH.COM,Abdya | Wakil Bupati Aceh Barat Daya ( Abdya ),Muslizar.MT mengatakan Program pemberdayaan masyarakat merupakan upaya untuk menciptakan atau meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun kelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya.

Hal itu,disampaikannya,saat menghadiri kegiatan Rapat Koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD), Sabtu 6 Oktober 2018.

Menurutnya Wabup,Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar tidak hanya dari perangkat pemerintah daerah saja, namun juga dari berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjamin keberlanjutan berbagai hasil yang dicapai," kata Wabup Muslizar. MT.

Dijelaskan Wabup Muslizar, Penyaluran Dana Desa yang selama ini diterima sebagai wujud komitmen pemerintah dalam menjalankan mandat Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, jumblah yang diterima mengalami kenaikan setiap tahunnya. Dana Desa tersebut dapat dimanfaatkan untuk kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa berskala desa sesuai dengan musyawarah masyarakat desa.

"Kegiatan Program Inovasi Desa hadir sebagai upaya untuk mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa, dengan memberikan banyak referensi dan inovasi-inovasi kegiatan pembangunan desa serta merevitalisasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal," ujar Wabup.

Lebih lanjut Wabup menyebutkan, Berdasarkan Data Nasional, penggunaan Dana Desa yang bersumber dari APBN belum secara langsung dapat menyentuh sektor pengembangan ekonomi, dalam arti kata tidak berpengaruh besar dalam merubah perekonomian di desa. Oleh karena itu, Program Inovasi Desa merupakan pembaruan dalam praktik pembangunan dan pertukaran pengetahuan.

"Inovasi ini dipetik dari realitas atau hasil kerja Desa-Desa dalam melaksanakan kegiatan pembangunan yang didayagunakan sebagai pengetahuan untuk ditularkan secara meluas," tuturnya.

Wabup mengatakan, Melalui Program Inovasi Desa diberikan Dana Operasional Kegiatan (DOK) yang akan ditempatkan di masing-masing kecamatan dan dikelola oleh Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan bertujuan mendorong dan memberikan dukungan teknis, verifikasi dan supervisi ke desa yang berkomitmen melakukan penganggaran kegiatan inovatif melalui APBG.

"Intinya Program Inovasi Desa ini memberikan dukungan teknis Kepada Desa terhadap 3 hal, yaitu Pengembangan Kewirausahaan, Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), dan Infrastruktur yang Inovatif," terang Wabup.

Berdasarkan pantauan dilapangan,Kegiatan yang berlangsung di Aula Arena Motel Kecamatan  Blangpidie ini, dibuka langsung oleh Wakil Bupati Abdya, Muslizar. MT. yang turut dihadiri kepala DPMP4 Abdya, Yusan Sulaidi, Para Camat, para TIK,Para Kepala Dinas serta para  undangan penting lainnya.[]
Bagikan:
KOMENTAR