Dari Jagung, Petani Di Teupin Ara Mulai Makmur

Minggu, 11 November 2018 | 13.50 WIB

Bagikan:
Foto : Warga Desa Teupin Ara panen jagung

DAILYACEH.COM,Calang | Teupin Ara merupakan salah satu gampong yang berada di Mukim Paya Baro, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh yang rata-rata penduduk bermata pencaharian pertanian.

Di Desa Teupin Ara, untuk jenis pertanian yang dominan adalah padi dan sawit namun selain padi para warga setempat juga membudidaya tanaman jagung, cabe dan jenis tanaman lainnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga.

Untuk jenis tanaman jagung sendiri Desa Teupin Ara saat ini merupakan salah satu desa di Aceh Jaya yang menjadi pusat pengembangan dan percontohan daerah di Kabupaten setempat yang mana tanaman jagung sangat cocok dibanding dengan daerah lainnya di Aceh Jaya dan masyarakat setempat sudah menjadikan jagung salah satu komoditi pertanian yang menjanjikan.

Dari informasi yang didapatkan para warga setempat awalnya tidak tertarik dengan jagung akan tetapi melihat para warga lainnya telah mendapatkan hasil yang siknifikan sehingga hampir semua masyarakat menanam jagung di lahan kosong yang ada di desa setempat.

Untuk saat ini luas area yang ditanami jagung di desa setempat mencapai puluhan hektar dan terus meningkat dibanding tahun yang lalu karena hasil dalam satu hektar bisa menghasilkan puluhan ton.

Tgk Arbaiyah salah satu petani jagung saat di sambangi media DAILYACEH.COM (11/11) mengatakan sejak beberapa tahun para masyarakat setempat mulai senang untuk menanaman jagung karena cara budidayanya tidak terlalu rumit dibanding dengan tanaman lainnya bahkan dalam setiap tahun para petani bisa memanenkannya. para petani di desanya telah memanen jagung sejak dua bulan terakhir.

Ia mengatakan untuk harga jagung  yang dibeli oleh penampung yang ada didesanya saat inibmencapai 4.700 ribu rupiah untuk jagung kering dan berharap juga harga jagung yang ada saat ini bisa terus meningkat sehingga para masyarakat bisa sejahtera dan meningkatnya perekonomian keluarga, terang Tgk Arbaiyah.[]
Bagikan:
KOMENTAR