Jalan Ke Ibukota Kecamatan Darul Hikmah Rusak Parah

Kamis, 22 November 2018 | 22.22 WIB

Bagikan:
foto : Jalan Ke Ibukota Kecamatan Darul Hikmah Rusak Parah

DAILYACEH.COM,Calang | Jalan menuju ke ibukota Kecamatan Darul Hikmah rusak parah tepatnya di Desa Blang Dalam, jalan tersebut merupakan satu-satunya akses warga dalam urusan kepemerintahan dan kegiatan sehari-hari.

Raudhi (42), Kepala Desa Blang Dalam ke media ini menyampaikan, kondisi jalan lintas Darul Hikmah saat ini sangat memprihatinkan dan perlu segera di lakukan perbaikan mengingat segala aktivitas roda Pemerintahan dan kegiatan warga lainnya memakai akses jalan tersebut, kamis,22/11/2018.

Selaku kepala pemerintahan Desa dan mewakili masyarakat Darul Hikmah meminta kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya agar jalan lintas Kecamatan untuk segera di perbaiki mengingat jalan yang di bangun beberapa tahun yang lalu adalah satu-satunya akses masyarakat Kecamatan Darul Hikmah dari jalan nasional menuju pemukiman warga yang kini kondisinya di beberapa titik sudah sangat memprihatinkan.

" Kami berharap pada Pemerintah untuk memperbaikinya sebelum banyaknya jatuh korban para pelintas," kata Raudhi.

Ia katakan, kondisi ini telah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu, selain adanya jalan yang berlumbang, ada juga jalan yang amblas yang dibangun pada tahun 2015 di Gunung Lhok Bate, Desa Blang Dalam dan di perbatasan Desa Fajar.

Mengenai hal itu, pihaknya telah mengusulkan di Musrembang Kecamatan namun sejauh ini belum ada tanda realisasi dari pihak pemerintah karena penanganan jalan tersebut harus segera dilaksanakan di karenakan sudah banyak yang jatuh korban saat warga yang melintas terutama disaat hujan, banjir besar dan  dimalam hari.

" Kita minta pada pemerintah agar jalan tersebut untuk diperbaiki setidaknya direhab," ungkap Raudhi.

Selain Kepala Desa Blang Dalam, Ketua Umum Ikatan Pemuda Darul Hikmah (IPEMUDAH) Mahlil, S. Pd juga mengutarakan kondisi jalan lintas Kecamatan Darul Hikmah saat ini sangat memperihatikan bahkan sudah masuk dalam katagori rusak parah.

Mahlil menambahkan, Sepanjang Jalan lintas di Kecamatan Darul Hikmah Mulai dari Desa Blang Dalam sampai menuju Desa Krueng Tho kondisi jalan sudah sangat memprihatikan dan jika tidak segera di lakukan perbaikan maka di khawartirkan akan terjadinya kecelakaan fatal.

"Kondisi jalan sudah sangat memprihatikan seperti halnya di tanjakan Gunung Lhok Bate dari Desa Pajar menuju Desa Blang Dalam bila tidak segera di perbaiki maka akan sangat berpotensi terjadinya kecalakaan," jelas Mahlil

Sedangkan Kabid Bina Marga, PU - PR, Kabupaten Aceh Jaya, Heri Etika saat disambangi media ini menjelaskan, keterbatasan anggaran daerah menjadi kendala pihaknya dalam melakukan perawata rutin terkait jalan-jalan rusak di Aceh Jaya dan setiap tahun pihaknya selalu mengusulkan anggaran tersebut.

"Tahun ini kami kembali mengusulkan anggaran perawatan rutin untuk di sahkan pada anggaran tahun yang akan datang, jika anggaran ini sudah disahkan maka segera kita atasi permasalahan tersebut,"jelas Heri.

Sementara Ketua DPRK Aceh Jaya, Musliadi Z mengatakan, pihaknya sedang mencari solusi terkait kondisi jalan tersebut.

"Perlu di pahami bersama, kondisi anggaran Aceh Jaya sangat terbatas namun pihaknya akan mencari solusi perihal jalan tersebut," tutup pria yang sering di sapa Pang Masri ini. []
Bagikan:
KOMENTAR