APK Caleg Yang Melanggar Di Aceh Jaya Mulai Dibongkar

Sabtu, 01 Desember 2018 | 09.35 WIB

Bagikan:
Foto : Satpol PP dan pihak keamanan bongkar APK di Aceh Jaya

DAILYACEH.COM,Calang | Ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) di sejumlah kecamatan di Aceh Jaya, dibongkar petugas. Seluruh APK kini diamankan di kantor Panwaslu setempat di Calang.

Panitia Pengawas Pemilu Umum (Panwaslu) Kabupaten Aceh Jaya dibatu petugas Polisi Pamong Praja, Polri dan TNI, Kesbangpolinmas dan unsur Forkopimda Aceh Jaya, menertibkan ratusan APK dalam wilayah kerja Panwaslu setempat. Pembongkaran dan pencabutan ratusan APK tersebut karena terbukti melanggar aturan PKPU nomor 23 dan SK KIP Aceh Jaya nomor 30, terkait lokasi yang dilarang penempatan APK.

Penertiban terdebut dilaksanakan selama dua hari, Rabu dan Kamis (28-29) Nov 2018. APK yang dicopot tersebut terdapat di sejumlah area publik, seperti puskesmas, Sekolah, pepohonan penghijauan kota dan jalan raya, masjid, menasah serta sejumlah lokasi lainnya yang telah ditetapkan sebagai area bebas APK. Pelanggaran tersebut hampir  terjadi di seluruh kecamatan dalam Kabupaten Aceh Jaya.

Ketua Panwaslu Aceh Jaya, Kamaruzzaman, kepada media ini yang dikonfirmasi melalui saluran telpon menyebutkan, ada ratusan APK yang berhasil ditertipkan petugas. Penempatan APK terbanyak di area terlarang, terdapat di pepohonan di sepanjang jalan negara Banda Aceh -Meulaboh, jembatan, selebihnya Sekolah, lingkungan Masjid, meunasah dan sejumlah lokasi yang dilarang lainnya.

Sebelum penertiban dilakukan, lanjut Kamaruzzaman, imbauan dan peringatan telah dilayangkan kepada partai pemilik nama caleg atau koalisi pasangan calon presiden, namun tidak digubris dan tidak kunjung ditertibkan.

“Sebelumnya kita sudah melayangkan surat imbauan dan peringatan kepada yang bersangkutan, tapi tidak ada tindakan apapun, maka kita ambil tindakan penertiban dan pencopotan seperti ini,” demikian cetus Kamaruzzaman.
Bagikan:
KOMENTAR