Bupati Aceh Jaya Tinjau Abrasi DAS Krueng Teunom

Jumat, 07 Desember 2018 | 23.16 WIB

Bagikan:
Foto : T. Irfan TB Tinjau Abrasi DAS Krueng Teunom di Desa Alue Jang

DAILYACEH.COM,Calang | Setelah mendapatkan informasi adanya keluhan para warga yang tinggal dibantaran Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Teunom tentang abrasi pinggiran sungai, Bupati Aceh Jaya H.T IRFAN TB langsung melakukan peninjauan abrasi Krueng Teunom di Kecamatan Pasie Raya,Jum’at (7/12/2018).

Peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan tentang informasi yang sempat diberitakan tentang adanya sejumlah rumah yang kini terancam abrasi pasca sering terjadinya banjir yang menimpa di sejumlah desa dalam   sepekan terakhir.

Irfan TB dikesempatan tersebut mengatakan, abrasi ini harus secepatnya ditangani karena saat ini ada puluhan rumah yang kini mulai mendekati sungai bahkan dapur rumah para warga hampir jatuh kesungai.

“Ini harus secepatnya kita tangani secara tanggap darurat sehingga ancaman dua pemukiman di Kecamatan Pasie Raya Kabupaten Aceh jaya teratasi dari abrasi,” kata H.T IRFAN TB.

Menurutnya, Desa-Desa yang sangat rawan abrasi saat ini ada 4 desa di Kecamatan Pasie Raya diantaranya Desa Alue Jang ,Desa Tuwi Pria, Desa Krueng Beukah dan Desa Timpleung.

“Apabila hal ini tidak segera kita tangani maka dikhawatirkan akan berdampak terjadi abrasi pada abodman jembatan gantung sarah ini,” cetus T. Irfan TB.

Sebelumnya, media ini sempat memberitakan, puluhan warga yang tinggal di pinggiran Daerah Aliran Sungai (DAS) di Desa Alue Jang Kecamatan Pasie Raya, Aceh Jaya kini mulai memprihatinkan dan mulai cemas terhadap pengikisan pinggiran sungai yang saban hari semakin dekat dengan perumahan warga.

Informasi yang diterima dari sejumlah warga Desa Alue Jang mengatakan, sebelumnya daerah aliran sungai di desa setempat sangat jauh dengan perumahan warga namun kini sungai tersebut mulai mendekati perumahan warga sehingga jika tidak di tanggulanginya dengan segera maka rumah yang ada akan dikikis dan jadi aliran sungai. []
Bagikan:
KOMENTAR