Korem 012/TU Gelar Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam

Senin, 17 Desember 2018 | 12.24 WIB

Bagikan:
Kasrem 012/TU cek pasukan latihan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam

DAILYACEH.COM,Calang |  Provinsi Aceh merupakan kawasan yang rawan terhadap bencana alam seperti banjir, tanah longsor, kebakaran hutan dan lahan, untuk itu satuan Korem 012/Teuku Umar yang memiliki wilayah teritorial harus mampu dan bisa mengantisipasi apabila ditugaskan perbantuan kepada pemerintah daerah dalam rangka penanggulangan bencana alam.

Untuk menunjang tugas tersebut Korem 012/TU menggelar apel latihan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam. Latihan ini akan digelar selama lima hari mulai hari Senin hingga Jumat mendatang dengan melibatkan lebih dari 300 personel terdiri dari TNI, Polri, TAGANA, BPBD, PMI dan ORARI, Senin (17/12/18).

Komandan Korem (Danrem) 012/TU Kolonel Inf Aswardi, S.E. yang diwakili Kepala Staf Korem (Kasrem) 012/TU Letkol Inf Yudiono, S.Ag., M.M menyampaikan dalam amatnya "Apel keseiapsiagaan penanggulangan bencana alam ini Bertujuan untuk mengantisipasi dan mengevauluasi sejauh mana kesiapan seluruh unsur yang terlibat baik unsur TNI, PEMDA maupun organisasi masyarakat guna menghadapi kemungkinan bencana yang akan terjadi diwilayahnya.

Selain itu Danrem 012/TU mengingatkan khusus kepada satuan TNI agar setiap setiap satuan TNI menguasai dan memahami doktrin operasi, sebagaimana yang telah ditetapkan dalam doktrin TNI yaitu penggunanaa kekuatan TNI tentang kebijakan perlibatan kekutan TNI dan bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam. Agar perlibatan satuan TNI dalam operasi bantuan tidak menyimpang dari landasan hukum yang telah ditetapkan komando atas.

Sedangkan kesiapan Korem 012/TU dalam membantu penanggulangan bencana alam adalah bagaimana kita memenej, membantu korban yang ada, membantu menyalurkan logisitik dan bantuan lainya, sedangkan untuk evakuasi ada namanya tim medis/kesehatan, admin, dapur umum, ini disosialisasikan agar kehidupan masyarakat yang tertimpa musibah pulih kembali dan berjalan sebagai mana mestinya", Ujar Kasrem.[]
Bagikan:
KOMENTAR