Langkanya Solar, Ikan Di Aceh Jaya Mahal

Jumat, 28 Desember 2018 | 18.00 WIB

Bagikan:
Perahu nelayan Aceh Jaya(foto/ist)

DAILYACEH.COM,Calang | Ratusan nelayan Aceh Jaya kesulitan mendapatkan solar subsidi dalam beberapa minggu ini mengakibatkan pasokan ikan hasil tangkapan nelayan menurun dari biasanya sehingga harga ikan pun melonjak tinggi.

Isvandi salah satu pedagang keliling saat diwawancarai ( 28/12) mengatakan ikan yang dibeli hari ini di TPI sudah mulai mahal ketimbang sebelumnya.

Ia mencontohkan ikan tongkol biasanya dibeli perkilo 16 ribu rupiah, namun sekarang mencapai Rp 28.000 per kilo sehingga para pedagang sangat kesulitan dalam menjualnya kepada masyarakat.

"Saat ini sangat sangat mahal. Kalau dulu ikan tongkol kami biasa ambil Rp16 ribu per kilo, sekarang mencapai Rp 28.000 per kilo," kata Isvandi.

Menurutnya, kali ini kenaikan harga ikan bukan hanya pada jenis ikan tongkol saja, namun hampir pada semua jenis ikan dikarenakan para nelayan kesulitan mendapatkan solar.

"Untuk bisa melakukan aktivitas jual beli, kami terpaksa ambil ikan dari luar daerah Aceh Jaya", kata dia.

Sementara Panglima Laot Lhok Calang M Yunan mengatakan, saat ini lebih dari 360 nelayan di wilayahnya tidak bisa melaut karena BBM jenis solar langka.

“Karena tidak melaut nelayan jadi tidak ada penghasilan, bahkan saat ini sebagian nelayan hutangnya sudah menumpuk dengan bos masing-masing,” kata M Yunan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kelangkaan BBM bersusidi di Kabupaten Aceh Jaya terjadi pasca PT Pertamina (Persero) Marketing Branch Aceh menjatuhkan sanksi kepada tiga SPBU di wilayah itu karena melakukan pelanggaran menyalurkan BBM bersubsidi kepada yang tidak berhak.[]
Bagikan:
KOMENTAR