Bupati Akmal Ajak Semua Pihak Aktifkan Kembali Nilai-Nilai Adat

Senin, 15 Juli 2019 | 20.53 WIB

Bagikan:

DAILYACEH.COM, ABDYA |Bupati Aceh Barat Daya ( Abdya )  Akmal Ibrahim,SH,mengajak semua pihak untuk menghormati pranata kehidupan sosial yang telah diwariskan oleh para leluhur kita.

Hal itu disampaikan oleh Bupati  saat memberikan sambutan pada pembukaan Pelatihan Pemberdayaan Kelembagaan Adat Kita wujudkan Aceh Troe dan Meadab.yang berlangsung di Aula Hotel Kana Pakat,Senin 15 Juli 2019.

"Lembaga-lembaga adat yang selama ini tidak diaktifkan, harus kita hidupkan lagi agar lembaga-lembaga itu kembali muncul sebagai simbol dan panutan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari,”Kata Akmal.

Akmal juga menyebutkan, masyarakat sering terkecoh oleh paradigma baru dan sering memberi nilai positif atau mengikuti budaya dan adat istiadat yang bertentangan dengan aturan dan adat istiadat. Kondisi ini tentunya tidak bisa dibiarkan terus berlanjut, karena akan berakibat pada terkikisnya nilai-nilai adat dari masyarakat secara total di masa depan.

"Inilah yang harus disikapi dan dihayati bersama. Semua adat istiadat dan aturan yang berlaku dalam masyarakat Aceh sesuai  pada tuntunan agama Islam. Oleh sebab itu adat istiadat yang telah berlaku hendaknya terus dipelihara dan dilestarikan.

"Kegiatan seperti ini jarang dilakukan. Selama ini kita bicara adat tapi pemerintah alpa. Tapi hari ini sudah dilakukan dan menjadi sangat bagus. Ini apresiasi dari kami,"sebut Akmal seraya berharap supaya MAA Abdya terus berkembang dan mau bekerja sama dengan MAA Aceh.(M)
Bagikan:
KOMENTAR