Jelang Expo Ternak Se - Aceh Puluhan Stand Mulai Dipasang

Rabu, 10 Juli 2019 | 17.33 WIB

Bagikan:
Persiapan tempat di kegiatan Ekspo peternakan se Aceh di Abdya, (10/6//2019)
DAILYACEH.COM,ABDYA |Persiapan acara Expo peternakan Se-provinsi Aceh  tahun 2019 yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Abdya  di lapangan Bola Kaki Desa Pulau Kayu Kecamatan Susoh, terus dilakukan.

Pantauan Dailyaceh.com, Rabu (9/7/2019), panitia tampak sibuk mengurus segala persiapan di lokasi acara tersebut.

Puluhan stand pameran untuk kegiatan Expo terlihat sudah didirikan."Alhamdulillah hari ini persiapan kita untuk acara  Ekspo sudah mencapai 80 persen," kata Kepala Dinas Pertanian  dan pangan Abdya Drh.Nasruddin kepada Dailyaceh.com disela-sela  peninjauan kesiapan expo ternak se-aceh.

Kadis Pertanian dan Pangan  Abdya  itu menargetkan, semua persiapan akan rampung 100 persen  sehari sebelum  jelang acara.

"Besok Insya Allah sudah bisa rampung. 20 stand untuk peserta pameran di Abdya Expo ini sudah kami dirikan," ujarnya.

Ia berharap acara yang digelar selama empat hari dapat berjalan meriah serta lancar.

"Kita tentu sangat siap untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Alhamdulillah kita jadi tuan rumah. Mari kita sama-sama untuk berpartisipasi pada kegiataan sebesar ini," kata Nasruddin.

Selain itu,Kata dia, sangat banyak kegiatan pada acara ini, nanti akan ada kontes ternak yang meliputi perlombaan ternak sapi, kerbau, kuda jantan, kambing PE jantan serta akan ada stan.

"Beragam ternak-ternak peternak luar Abdya nanti bisa kita lihat disini. Akan banyak juga ilmu tentang beternak yang dapat kita serap pada kegiatan ini," sebutnya.

Ditambahkannya, untuk kategori kontes, rincian perlombaannya yakni untuk kontes Sapi, terbagi pada beberapa kelas, yakni kelas estrim bebas tahun dan kelas limosin (sapi 2 sampai 3 tahun), kelas simental, Kelas brangus (2-3 tahun), juga ada kontes Sapi Bali dan Sapi Aceh.


Ada juga Kontes kerbau, di kontes ini ada kelas ekstrim, kelas ekstrim ini khusus Kerbau (jantan). Untuk kontes Kuda, juga khusus jantan, begitu juga dengan Kontes Kambing PE (peternakan air tawar).

"Kita juga mengadakan kontes kicau burung. Untuk lomba ini bisa kita bilang lomba tingkat Nasional, sebab pesertanya bahkan dari luar Aceh mencapai ratusan peserta. Nanti juga ada jalan santai berhadiah, itu ditanggal 12 Juli. Kontes ayam KUB juga ada. Lomba ini direncanakan satu kecamatan dua peserta yang tampil. Dua peserta ini diseleksi di kecamatan masing-masing,” demikian ulasnya.(M)
Bagikan:
KOMENTAR