Penasaran Sapi Jumbo, Warga Abdya Membludak Dilokasi Ekpo

Jumat, 12 Juli 2019 | 20.51 WIB

Bagikan:

DAILYACEH.COM, ABDYA |Kabupaten Aceh Barat Daya , tidaklah lengkap rasanya tanpa mengunjungi serta mengabadikan foto bersama keluarga di kegiatan expo ternak atau pameran bulan bakti peternakan ke-10 se-Aceh yang berlokasi di lapangan bola kaki, Gampong Pulau Kayu, Kecamatan Susoh, Kabupaten setempat.

Hal itu disampaikan oleh Faisal salah satu pengujung, dirinya sengaja berkunjung ke lokasi expo ingin melihat ternak sapi, kerbau, kuda dan ternak lainnya yang mungkin belum pernah dilihat oleh nya.

"Saya pergi bersama keluarga ingin melihat sapi atau kerbau yang besar-besar itu. Selain kerbau kan ada juga ternak yang selama ini belum pernah  kita lihat secara langsung, seperti kuda," ungkapnya  kepada Dailyaceh.com dilokasi expo ke-10 se-Aceh,"Jum'at 12 Juli 2019.

Menurut Faisal, acara expo ini selain ajang lomba memperebutkan juara Rp 900 juta, kegiatan tersebut juga sebagai wadah berbagi ilmu antara peternak dengan pengunjung.

"Ya benar, selain lomba acaranya ini juga bisa kita menyerap ilmu dari peternak dari berbagai kabupaten yang ada di Aceh, seperti yang dilakukan oleh peserta ternak dari Kabupaten Kota Sabang tadi yang mau berbagi ilmu tentang inseminasi ternak sapi," jelasnya.

Saat bersamaan , Trisno, selaku peternak sapi dari Kota Sabang saat ditemui dilokasi ternak, membenarkan jika dirinya ada berbagi ilmu tentang ternak inseminasi.

"Benar, jika ada masyarakat yang bertanya kita jelaskan bagaimana proses hasil inseminasi ternak sapi jenis Limousine dengan sapi Brahmana," jelasnya.

Dijelaskan Trisno, hasil inseminasi sapi Lisoumine dengan sapi Brahmana, sapi Brahmana akan memiliki tanduk dan badannya sedikit lebih tinggi.

"Semoga dalam ajang expo ini kita dari Kota Sabang mendapat juara satu di ajang ternak sapi," katanya.

Pada kesempatan  itu, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Abdya, Nasruddin mengatakan, tim penilaian dari Provinsi Aceh sudah mulai melakukan penilaian terhadap peserta lomba ternak se-Aceh.

"Tim akan menilai, berat badan ternak, mengukur lingkar badan, panjang, kesehatan, penampilan dan yang lainnya," pungkasnya.

Untuk diketahui, kegiatan expo ternak se-Aceh ke-10 masyarakat  juga dimanjakan dengan  penampilan pentas seni, semacam rapai geleng, rapai debus dan tarian lainnya. Acara tersebut akan berlangsung dimalam hari untuk mengisi kekosongan panggung utama.(M)
Bagikan:
KOMENTAR