Puluhan Rumah Warga Abdya Di Hantam Gelombang

Minggu, 21 Juli 2019 | 18.23 WIB

Bagikan:
Puluhan Rumah Warga Abdya Di Hantam Gelombang ,minggu 21/7/2019
DAILYACEH.COM,ABDYA | Gelombang setinggi 5 meter menghantam sejumlah kediaman warga di pesisir Gampoeng Keude Pasie,Kecamatan Susoh Kabupaten Aceh Barat Daya, Minggu  (21/7/2019) pagi.

Akibat kejadian tersebut, sebanyak 14 rumah rusak hantaman gelombang dan terjangan angin kencang tersebut.

Kepala BPBK  Abdya,Amiruddin,Spd  mengatakan, setelah menerima laporan tersebut pihaknya langsung turun yang dibantu TNI-Polri serta Tagana membantu evakuasi dan perbaikan rumah warga.

Dari 14 rumah warga tersebut, dua di antaranya mengalami rusak parah. Untuk mengatasi abrasi pantai tersebut, kata Amir, dibutuhkan biaya yang cukup besar, setidaknya menghabiskan mencapai Rp25 miliar."jelasnya Amir,"Minggu 21 Juli 2019.

"Kalau dari kita BPBK kan hanya bisa mengatasinya dengan menggunakan goni dan beronjong. Namun tetap saja pesisir pantai abrasi kalau terjadi gelombang tinggi,” katanya.

Menurut Amir, solusi satu-satunya untuk mengatasi abrasi di pantai Jilbab tersebut adalah membangun tanggul permanen dengan menggunakan batu gajah (break water).

Terkait pembuatan batu gajah,Sambung Amir di pesisir pantai Jilbab, pihaknya  harus koordinasi dengan pihak Dinas Perikanan dulu,” demikian Pungkasnya Amir.(M)
Bagikan:
KOMENTAR