Kodim Aceh Jaya Ciptakan Alat Tradisional Padamkan Karhutla

Jumat, 09 Agustus 2019 | 15.28 WIB

Bagikan:

DAILYACEH.COM,CALANG |Kodim 0114/Aceh Jaya mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan ( Karhutla ) dengan menciptakan alat tradisional yang terbuat dari material bambu. Alat ini akan digunakan untuk memadamkan api jika sewaktu – waktu terjadi kebakaran hutan dan lahan di wilayah tugas Kodim 0114/Aceh Jaya.

Seluruh Koramil dan Posramil jajaran Kodim 0114/Aceh Jaya dipastikan telah mempersiapkan alat  yang mirip dengan sapu lantai tersebut sejak Jumat, ( 9/8/2019 ).

Inisiatif ini diambil oleh Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Kav Andhie Suryatama setelah melakukan rapat dan mendengarkan laporan dari  para perwiranya baik komandan Koramil maupun para perwira staf.

“ Mengamati situasi akhir – akhir ini sering ditemukan titik api di wilayah Kabupaten Aceh Jaya sehingga Komandan mengintruksikan agar seluruh jajaran mempersiapkan alat tradisional untuk memadamkan kobaran api jika terjadi kebakaran, “ kata Plh. Pasilog Kapten Inf Abdul Gani Khasim.

Kapten Abdul Gani menjelaskan bahwa alat tersebut merupakan langkah awal untuk memdamkan kebakaran sebelum tiba mobil pemadam kebakaran ( Damkar ) milik Pemerintah Daerah. Selain itu alat ini dapat di bawa ke lokasi titik kebakaran yang tidak dapat dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran.

“ Kita lebih mudah bergerak membawa alat ini ke lokasi titik api yang tidak dapat dijangkau oleh mobil Damkar dan lokasi yang tidak ada sumber air, “ jelasnya.

Terkait pencegahan Karhuta, Kapten Abdul Gani mengungkapkan bahwa seluruh jajaran telah intensif melaksanan patroli dan sosialisasi kepada warga.

“ Setiap hari kita melaksanakan patroli dan sosialisasi kepada warga. Kita sangat serius mencegah kebakaran hutan dan lahan di Kabupaten Aceh Jaya, “ tutupnya.()
Bagikan:
KOMENTAR